Gas Pendingin Udara yang Ramah Lingkungan

Gas Pendingin Udara yang Ramah Lingkungan

Gas pendingin udara digunakan pada air conditioner atau AC sebagai komponen yang berperan penting untuk mengatur suhu serta membuat ruangan menjadi sejuk. Jika Anda telah menggunakan AC maka Anda tidak akan asing lagi dengan sebutan freon. Freon inilah yang merupakan senyawa kimia atau gas yang mendinginkan udara.

Freon memiliki karakteristik tidak berwarna dan tidak berbau. Penggunaan freon cukup aman selama gas tersebut tidak terlepas dari instalasi AC. Namun ketika AC bocor dan terhirup maka bisa menjadi racun. Sehingga pemasangannya harus dilakukan oleh teknisi yang telah berkompeten.

Jenis-Jenis Gas Pendingin Udara

Ada beberapa jenis gas untuk mendinginkan udara yang biasa digunakan dipasaran yaitu sebagai berikut:

  1. Freon R22.

Freon ini berpotensi untuk merusak lapisan ozon sebesar 0.05. Namun freon jenis ini memiliki kelebihan tidak mudah terbakar. Di Indonesia sendiri freon jenis ini sudah tidak diperbolehkan penggunaannya.

  • Freon R410A.

Jenis freon ini biasanya digunakan pada AC Inverter. Freon ini tidak berpotensi untuk merusak lapisan ozon namun berpotensi pemanasan global. Kelebihannya sama dengan Freon R410A yaitu tidak mudah terbakar.

  • Freon R32.

Freon R32 dikenalkan pertama kali oleh Daikin Jepang pada tahun 2012. Kelebihan freon ini ialah ramah lingkungan dan potensi pemanasan global lebih rendah. Kekurangannya yaitu mudah terbakar tapi masih dalam tahap aman untuk digunakan.

Jenis freon pada AC biasanya berbeda-beda tergantung pada masing-masing merk. Sebagai tips untuk Anda memilih jenis AC maka pilihlah pendingin ruangan yang menggunakan jenis freon yang aman dan ramah lingkungan. Atau Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada penjual mengenai jenis gas pendingin udara agar tidak salah membeli. Jika ingin mengetahui informasi lebih lengkap bisa cek web https://thedailythrive.org

Keyword: Gas Pendingin Udara

Deskripsi: Gas pendingin udara disebut juga dengan freon merupakan sebuah senyawa yang dapat mendinginkan suhu ruangan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*